Tuesday, July 4, 2017

Cara Alami Menghilangkan Ketombe Pada Rambut



Cara menghilangkan ketombe secara alami pada rambut ternyata cukup efektif dan mungkin perlu untuk anda coba dengan cepat. Ketombe memang sangat menjengkelkan, pada umumnya orang lebih memilih menggunakan shampo untuk menghilangkannya. Namun saya merekomendasikan jangan terlalu sering menggunakan shampo. Karena bahan kimia dalam shampo malah akan merusak rambut anda apabila digunakan secara terus-menerus. Beberapa bahan kimia berbahaya yang ada pada shampo yakni Sodium Lauryl, Dietanolamina, Parabens, Formaldehyde.


Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe


Sebenarnya ketombe merupakan sel kulit mati yang mengelupas dan menumpuk dikepala anda, dan bukan merupakan kotoran. Penyebabnya ada beberapa faktor, diantaranya yakni kulit kepala kering, penyakit, paparan sinar matahari, sisa shampo saat keramas, dan masih banyak lagi. Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya dengan cepat. Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami seperti minyak zaitun, lidah buaya, baking soda, dan masih banyak lagi untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya pun tidaklah sulit, berikut ini beberapa caranya.


Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok


Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami

1. Garam

Cara menggunakannya yakni basahi terlebih dulu kulit dan rambut anda, lalu balurkan atau taburkan garam pada kulit kepala anda secara merata. Kemudian gosok-gosok garam tersebut agar garam dapat meresap ke kulit kepala. Setelah itu bilas mnggunakan shampo.


2. Lidah buaya

Caranya menggunakannya yakni kupas lidah buaya kemudian ambil bagian dalam yang berwarna transparan. Gunakan bagian tersebut untuk dioleskan pada kulit kepala atau rambut secara menyeluruh. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan menggunakan shampo.


3. Minyak almon

Cara menggunakannya yakni oleskan minyak almon pada kulit kepala anda sembari dilakukan pemijatan secara perlahan. Kemudian gunakan handuk yang sudah dicelupkan kedalam air hangat untuk membungkus kepala atau rambut anda. Dan yang terakhir tinggal dibilas atau dibersihkan.


4. Jeruk nipis

Cara menggunakannya yakni siramkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala, kemudian lakukan pemijatan secara perlahan pada kulit kepala anda agar air jruk nipis dapat meresap keseluruh permukaan kulit kepala. Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan rambut anda dengan menggunakan air biasa.


5. Minyak zaitun + minyak almon

Cara menggunakannya yakni campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan minyak almon. Kemudian gunakanlah campuran tersebut dengan cara dioleskan pada kulit kepala, agar campuran tersebut dapat meresap kepermukaan kulit kepala lakukan pemijatan secara perlahan. Diamkan kurang lebih 15 menit bersihkan kulit kepala anda dengan menggunakan shampo.


6. Baking soda

Cara menggunakannya yakni basahi terlebih dulu kepala anda, kemudian balurkan dan gosokan baking soda pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan menggunakan air biasa. Rambut kepala anda akan terasa kering apabila baru pertama memakai cara ini, namun tenang saja, setelah beberapa minggu nantinya kulit kepala anda akan mulai memproduksi minyak alami lagi, sehingga membuat rambut anda akan lebih lembut dan bebas dari ketombe.


Nah itulah beberapa tips kesehatan tentang cara menghilangkan ketombe pada rambut yang dapat anda coba. Dengan menggunakan cara diatas maka anda dapat terhindar dari efek samping bahan kimia yang terkandung dalam beberapa produk perawatan rambut seperti shampo. Demikian sedikit informasi kali ini, semoga tips cara menghilangkan ketombe secara alami kali ini dapat bermanfaat untuk anda.